Pages

Monday, March 29, 2010

Contoh Makalah

Keyword : contoh makalah,Download makalah, pdf makalah, free contoh makalah, update makalah 2010, panduan membuat makah termudah benar :Contoh Makalah Pendidikan selalu dicari karena memang penting dan sangat dibutuhkan, bahkan di internet ada puluhan bahkan ratusan orang yang setiap harinya mencari tentang hal-hal yang berhubungan dengan yang namanya makalah.

Untuk membantu adik-adik pelajar ataupun mahasiswa yang mencari contoh makalah disini akan diberikan contoh sederhananya. Karena susunan di bawah ini hanyalah sebagai contoh saja jadi anda bisa lebih mengembangkannya sesuai yang anda inginkan.


Contoh Makalah Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Makalah ini memuat tentang “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
B. IDENTIFIKASI MASALAH
C. PEMBATASAN MASALAH.
D. PERUMUSAN MASALAH.

BAB II PEMBAHASAN
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.

BAB III PENUTUP
A. SIMPULAN
B. SARAN

Daftar Pustaka.



BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.

Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
2. Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?

C. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

D. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?
2. Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?


BAB II
PEMBAHASAN

Perpustakaan merupakan bagian intergral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan buku.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.

A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya adalah :
1. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
3. Memperluas pengetahuan para siswa.
4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8. Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.

B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1. Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.

2. Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.

3. Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.
4. Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
5. Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.

C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakan sekolah sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :
1. Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
2. Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
3. Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4. Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
5. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif.
6. Perpustakaan akan membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
7. Perpustakaan dapat menimbulkan cinta membaca, sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
8. Perpustakaan memberikab kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
9. Perpustakaan merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat.
10. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11. Perpustakaan merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12. Kegairahan / minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat berpengaruh positif terhadap prestasi belajarnya.
13. Bila minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan anak.
14. Bahkan perpustakaan juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara mereka.

BAB III
PENUTUP

A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
2. Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya

B. SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
2. Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.
DAFTAR PUSTAKA

- Buku Pendidikan Kewarganegaraan

Source:makalah-di.blogspot.com

contoh judul makalah yang dibuat Skripsi dan Thesis atau Tugas ahir


101 judul TA Faforit Teknik informatika
Pembangunan Perangkat Lunak Pemantau Fungsionalitas Elemen Jaringan di MSC PT. Telkomsel Regional IV Bandung GAk Usah bingung


  1. Pembangunan Perangkat Lunak Reminder Surat Dinas di PT. Telkom
  2. Aplikasi Penjualan Buku di Toko Buku Perdana
  3. Perangkat Lunak Pemasaran Percetak PT. Karya Kita Bandung
  4. Sistem Informasi Panti Asuhan Yatim Piatu Taman Harapan Muhammadiyah Berbasis Web di Buah Batu
  5. Aplikasi Administrasi dan Pembelajaran Lembaga Bimbingan Belajar Nurul Fikri Bandung Berbasis Web
  6. Perangkat Lunak Administrasi Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Al Islam
  7. Aplikasi Sistem Pakar Pemilihan Printer dan Monitor Bagi Customer di HEXA COMPUTER
  8. Perangkat Lunak Administrasi dan Tes Penempatan Siswa di LBPP LIA Berbasis Web
  9. Pembangunan Perangkat Lunak Manajemen Proyek (Software Project Management) Berbasis Web
  10. Perangkat Lunak Pemasangan Iklan Majalah dan Surat Kabar Secara Online pada CV Citama Advertising Yogyakarta
  11. Aplikasi Mobile Shop (Toko Bergerak) Berbasis WAP dengan Studi Kasus Cellular Shop
  12. Track Reporting Software
  13. Aplikasi Pengadaaan dan Penjualan Komputer & Asesoris Berbasis Web
  14. Perangkat Lunak Lembar Informasi Ketenagakerjaan Propinsi jawa Barat Berbasis Web
  15. Aplikasi Penyedia Layanan Pemesanan Perjalanan dan Konsultasi Haji dan Umroh pada PT. Rama Tour & Travel Berbasis Web
  16. Aplikasi Pendukung Pembayaran Pajak Penghasilan Berbasis WAP pada Kantor Pelayanan Pajak di Bandung
  17. Sistem Keamanan Pengiriman Short Message Service (SMS) Berbasis Java pada Telepon Seluler
  18. Aplikasi Bimbingan Belajar Jarak Jauh Berbasis Web
  19. Aplikasi Web Pendukung Manajemen SDM Berbasiskan Kompetensi di Bank Mandiri Jakarta
  20. Sistem Pakar Akupressure
  21. Aplikasi Tes Toefl On Line pad Laboratorium Bahasa STT Telkom Berbasis Web
  22. Pembangunan Aplikasi Try Out Online SPMB
  23. Aplikasi Pelaporan Manajemen Berbasis Web Studi Kasus : Sub Direktorat Telecommunication and MIDI Marketing PT. Indosat
  24. Pembangunan Perangkat Lunak Pengelolaan Obat dan Alat Kesehatan di Apotik Mega Farma Singkawang
  25. Perangkat Ajar Dreadlocks Hairstyle
  26. Aplikasi Katalog Islam Dinamis Berbasis Web
  27. Sistem Informasi Pengolahan Transaksi Asuransi Jiwa Berbasis Web pada AJB Bumiputera 1912
  28. Aplikasi Hasil Psikotest Mahasiswa STT Telkom Bandung
  29. Perangkat Lunak Pengelolaan Data Peserta Uji Ketrampilan pada Subdinas Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja dan Purna Kerja Berbasis Web (Studi Kasus di Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Jawa Barat)
  30. Aplikasi Penghitungan Kredit Poin untuk Pengajuan Kenaikan Pangkat Guru (Studi Kasus di Dinas Pendidikan Daerah Kot Solok)
  31. Pembangunan Perangkat Lunak Administrasi Poli Mata di Instalasi Rawat Jalan RSUD Dr. Haryoto Lumajang
  32. Aplikasi Pendukung Hasil Survei Khusus Pemotongan Ternak Propinsi Jawa Barat
  33. Aplikasi Short Message Service (SMS) untuk Mendukung Layanan Informasi Tagihan Listrik Studi Kasus PT. PLN Persero Bandung
  34. Perangkat Lunak Bantu Belajar (Studi Kasus Pelajaran Fisika SLTP)
  35. Pembangunan Perangkat Lunak Medical Checkup RS ST. Borromeus Bandung
  36. Perangkat Lunak Wajib Lapor Ketenagakerjaan Berbasis Web pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  37. Perangkat Lunak Sistem Informasi Subbagian Kepegawaian Dinas Perhubungan Propinsi Jabar
  38. Perangkat Lunak Pengolahan Anggaran Keuangan Dinas Pendidikan Kecamatan Pengasih
  39. Sistem Informasi Pendayagunaan Aset Setjen Departemen Pendidikan Nasional Berbasis Web
  40. Sistem Pembuat Janji Dosen dan Mahasiswa dengan Teknologi Web dan WAP
  41. Aplikasi Pengiriman Medical Report ke Short Message Service (SMS) dan Email di Laboratorium Klinik Prodia
  42. Aplikasi Perpanjangan Izin Kerja Tenaga Asing (IKTA) Berbasis Web
  43. Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi SPMB STTTelkom Berbasis Computer Telephony Integration
  44. Informasi Tagihan Listrik Berbasis WAP Studi Kasus di PT. PLN (Persero) Bandung Selatan
  45. Sistem Layanan Pelanggan Orlen Car Wash PT. Orlen Prima Sejahtera
  46. Buku Elektronik Berbasis Web Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6 Sekolah Dasar Bab Makhluk Hidup
  47. Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop 21 Cineplex Bandung Berbasis WAP (Wireless Application Protocol)
  48. Aplikasi Kemitraan Inti Plasma pada Koperasi Peternakan Unggas Berbasis Web
  49. Aplikasi Pemesanan dan Pengingat Jadwal Kunjungan Klinik Perawatan Wajah Natasha Skin Care Bandung Menggunakan Layanan SMS
  50. Aplikasi IQ Test Berbasis WAP
  51. Aplikasi Pendukung Keamanan Hasil Pemeriksaan (Studi Kasus : Laboratorium Klinik Sigma Galatika Indonesia)
  52. Perangkat Lunak Tuntunan Shalat Wajib untuk Remaja Berbasis Multimedia
  53. Perangkat Lunak Pengawasan Panjar dan Tagihan (Waspat) Berbasis Web untuk Divisi Keuangan pada PT. Telkom Bogor
  54. Aplikasi Pelayanan Information Jadwal, Nilai dan Registrasi Berbasis WAP
  55. Reservasi Tiket Mobile Garuda Indonesia Citilink
  56. Pembangunan Aplikasi Pemesanan Food and Drink On Line di Pizza Hut Bandung dengan WAP
  57. Aplikasi Informasi Beasiswa Berbasis Web dan Via SMS
  58. Aplikasi Pendukung Survei Indikator Ekonomi Propinsi Jawa Barat
  59. Perangkat Lunak Pengelolaan Data Sentra Produksi Sayuran di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Jawa Barat (Studi Kasus di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Daerah Jawa Barat)
  60. Aplikasi Pendukung Sistem Informasi Inventory Control System (ICS) Bagian Buku di Alifa Moslem’s Shopping Center
  61. Perangkat Lunak Pengelolaan Data Dana SPP SMU Negeri 1 Bandung Berbasis Web
  62. Aplikasi Short Message Service (SMS) Informasi Pemutaran Film dan Pemesanan Tiket Bioskop
  63. Aplikasi Pengolahan Hasil Pemeriksaan Laboratorium Mikrobiologi R.S. DR M Djamil Padang
  64. Aplikasi Pengelolaan Data Pegawai PT. Asean Aceh Fertilizer Berbasis Web
  65. Aplikasi Inventori Barang Kebutuhan Produksi di Departemen Logistik PT. Asean Aceh Fertilizer Berbasis Web
  66. Aplikasi Administrasi Markom (Marketing dan Komunikasi) Studi Kasus di Rumah Zakat DSUQ Bandung
  67. Aplikasi Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat UPTD Pajak Daerah Wilayah III Propinsi Lampung di Kotabumi Lampung Utara
  68. Aplikasi untuk Pelayanan Informasi dan Pengingat Peserta Qurban Berbasis Short Message Service (SMS) Studi Kasus di Divisi Qurban Rumah Zakat Indonesia DSUQ Pusat Bandung
  69. Web Service Penyedia Layanan Validasi Pengajuan Kartu Kredit
  70. Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web SMU Negeri 1 Bandung
  71. Aplikasi Sistem Penggajian Studi Kasus di CV. Delta Jaya Surabaya
  72. Aplikasi Pengelolaan Beasiswa Divisi Pendidikan di Rumah Zakat Indonesia DSUQ Berbasis Web
  73. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Keuangan Kopma STT Telkom
  74. Perangkat Lunak Untuk Mendukung Sistem Informasi Curanmor Polres Cimahi Berbasis Web
  75. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Layanan Delivery Service Pemesanan Makanan Berbasis J2ME Studi Kasus di Hoka - Hoka Bento
  76. Penggunaan E-Commerce pada Aplikasi Penjualan Adidas
  77. Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik S2 STT Telkom Berbasis Web
  78. Sistem Pakar untuk Diagnosis Penderita HIV/AIDS
  79. Perangkat Lunak Monitoring Pertumbuhan Penduduk di Kecamatan Polokarto
  80. Aplikasi Pentarifan Biaya Pengiriman Barang pada Perusahaan Cargo Royal Brunei di Denpasar Bali
  81. Aplikasi Berlangganan Koran Menggunakan Layanan SMS (Studi Kasus di Mitra Bisnis (Group Pikiran Rakyat))
  82. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Layanan Telkom Info Berbasis Teknologi WAP Studi Kasus di PT. Telekomunikasi Indonesia Divre III STO Dago
  83. Aplikasi Layanan Informasi Jadwal Keberangkatan dan Pemesanan Tiket di PT. Pahala Kencana Bandung Berbasis SMS
  84. Sistem Pemesanan Taksi dengan Menggunakan SMS
  85. Perangkat Lunak Monitoring Pengiriman Paket Pad CV. Bandung Express
  86. Aplikasi Administrasi Pajak Penghasilan Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Tasikmalaya
  87. Sistem Informasi Gerakan Kakak Asuh BMT Al Amin STT Telkom
  88. Aplikasi Pendaftaran Periksa Medis di Rumah Sakit Petrokimia Gresik Menggunakan Layanan SMS
  89. Perangkat Lunak Operasional dan Keuangan di Look Design
  90. Aplikasi Manajemen SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) Studi Kasus PT. Telekomunikasi Indonesia Divre V Kandatel Madiun
  91. Aplikasi Pengelolaan Meeting Room di Grand Hotel Preanger
  92. Alat Bantu Pembuatan Buku Raport Siswa yang Dilengkapi Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pengurutan Ranking di SD Negeri Cijoho II Kuningan
  93. Aplikasi Administrasi ZISWAF (Zakat, Infaq, Wakaf) Studi Kasus Rumah Zakat DSUQ Bandung
  94. Aplikasi Pendistribusian Rokok Berbasis Web di PT. Panamas Malang
  95. Aplikasi Pendaftaran Penduduk dan Pencetakan Dokumen Kependudukan Berbasis Web
  96. Perangkat Lunak Administrasi Peminjaman dan Penjualan Barang di Koperasi Karyawan RS Bayukarta (Kopkar RSB)
  97. Aplikasi SMS untuk Mendukung Layanan Informasi Nilai dan Jadwal Kuliah di Fakultas MIPA UNESA
  98. Aplikasi Pengelolaan Transaksi di Theodore.co Bandung
  99. Aplikasi Penentuan Kenaikan Kelas dan Jurusan Siswa SMAN 1 Bandung
  100. Aplikasi Layanan Informasi Perawatan dan Perbaikan Body serta Aksesoris Mobil di Wahana Auto Care Berbasis Web